Listen it... keep read

Welcome....^^

Senin, 25 Mei 2009

Fenomena Pengamen Jakarta

Semenjak aku mudik kembali ke jakarta, kota dimana aku dilahirkan ini. Aku menyadari kalau ada satu fenomena yang sungguh sangat membuat cerminan kalo Jakarta beda dengan kota lain.. yaitu Pengamen...Why?? oh.. what a good answer for me... coz hanya pengamen di Jakarta lh yang memiliki jadwal teratur dan terencana untuk mulai "bekerja", dari segi lokasi dia mengamen sampai waktu kapan dia harus berhenti mengamen, semuanya telah dirancang sedemikian rupa bagaikan mengatur pola makan sehat... Contoh nyata yang paling nyata yaitu di dekat daerah kost ku di Jakarta Barat ini...


Setiap aku makan siang sekitar pukul 13.00 di suatu lokasi rumah makan yang selalu sama, selalu aku bertemu

dengan pengamen yang sama dan yang lebih hebat lagi lagu yang dinyanyikan sama setiap kalinya. Di lain kesempatan aku juga pernah bertemu pengamen yang sama di mikrolet(hmm... pengamen kategori apa ini?? pengamen mancadaerah kh...).. Saat itu aku pergi ke daerah Lampiri menuju Bekasi.. naik M29... saat itu ada anak kecil yang tiba-tiba masuk dan langsung mengeluarkan senjata pamungkasnya untuk mendendangkan lagu-lagu yang sedang hits di Indonesia ini,,, Masih kuingat saat itu dia membawakan lagu ST12 "Cari Pacar Lagi"... setelah selesai kuberi dia sedikit(jumlahnya disensor...) uang sakuku untuknya... dan iapun turun di perempatan lampu merah... setelah sampai di Lampiri aku turun dan ganti mikrolet M26...

Setelah aku naik, tak kusangka dan tak kuduga, anak kecil yang mengamen di M29 tadi mengamen juga di M26 itu... Astaga!! di pikiranku tak berhenti berpikir di mana sebenarnya ia tinggal sampai jauh-jauh ngamennya.... hmm... tapi tak apalah namanya juga mereka usaha,,, seperti yang Bang Rhoma Irama bilang ngamennya boleh "terlalu" jauh... asalkan"halal"... Oke... kita rewind lagi ke waktu dimana aku baru naik M26 itu... Saat aku naik dan duduk tepat di belakang supir mikrolet itu... si pengamen cilik itu kembali mendendangkan sebuah lagu... dan lagu yang sama seperti ia nyanyikan sebelumnya..


Apakah dia gak punya lagu lain atau emang dia lagi patah hati sehingga lagunya itu2 saja... setelah selesai bernyanyi dia kemudian menjajakan kantong permen... Kirain mw kasih permen, rupanya minta uang... Kemudian tibalh giliran ku untuk dijajakan kantong keramat itu... Ia pun berkata "Kak mnta uang lagi", aku pun terkejut dan tediam selama 10 detik dan diiringi kedipan mataku sambil terheran... Wah, ini anak masih ingat kalo aq ngasi dia duit tadi... Kemudian akupun berbisik dalam hati "Lagu boleh Cari Pacar Lagi, tapi jangan Cari Uang Lagi dek..." dan memberi isyarat halus menolak mengisi kantong keramat itu... Wong, Uang aku aja udh tinggal pas2an bayar mikrolet, jadi sama2 lagi susah, Sesama orang susah dilarang saling mendahului...haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar